SIALAN, TAMPILAN BLOG SAYA KURANG PRO

Hallo kawan – kawan,

Apa kabar?

Semoga sehat selalu ya

Kali ini saya akan menceritakan kejadian yang akhirnya menjatuhkan sebuah pikiran untuk saya menjadikannya sebuah tulisan. Kejadian ini aneh, karena memang berurusan dengan kegiatan blogging saya. Saat iseng – iseng mencari contoh blog profesional dan sekalian melakukan blog walking di beberapa blog milik teman seperti sandiiswahyudi.com dan achmadfaqih.com serta web yang juga dikelola oleh pemilik blog sandiiswahyu.com yakni jenggottraveler.com saya jadi merasa tertantang. Tertantang karena ternyata blog saya dengan segala upaya yang telah saya lakukan dengan bercucuran keringat (lebay boleh lah) akhirnya saya melihat ketidak profesional lan blog saya. Hahahahahaha

Namun, kejadian itu membuat saya semakin bersemangat untuk berselancar di dunia blogging. Kenapa? Alasannya sederhana, bagi saya itu bukan menjadi melemahkan dan menyebabkan minder. Justru menjadi pelecut semangat kayak roket yang tombol aktivasi nya ditekan oleh penciptanya di masa saat ini (lebay lagi). Semangat saya justru semakin bertambah untuk membuat blog menjadi profesional. Namun sempat berfikir beberapa menit sambil ke tawa – ke tawa sendiri karena merasa blog saya agak aneh dari segi tampilan dan berusaha serta berniat mencari cara agar tampilannya menjadi sedikit berubah lah dan terlihat profesional, saya justru berfikir melebar yang membuat saat akhirnya menulis ini. Ini adalah pikiran melebar yang baik menurut saya hahahahahaha, karena justru saya berfikir ini bisa dijadikan materi untuk mengisi salah satu konten di blog saya.

Selain itu, sambil menulis ini saya juga ketiban sebuah renungan serta terbayang oleh apa yang sudah sering saya baca dalam membangun blog. Bahwa dalam menjalankan sebuah blog bagi seorang pemula, jangalah terlalu sibuk dan disibukkan (pahamkan maksudnya?) oleh tampilan blog yang justru menyebabkan kita lupa sama konten. Pemula dalam dunia blogging harus terus berusaha membuat konten yang berkualitas. Saya mau pinjam salah satu kalimat yang sering di ucapkan oleh Pandji Pragiwaksono ketika Stand Up Comedy terlebih ketika dia melakukan World Tour. Pandji pernah berucap bahwa :

“kunci dari sukses adalah berproses, jika kalian ingin membuat sesuatu yang bagus intinya mulai dulu saja, jika jelek tidak masalah, karena sesuatu yang bagus itu di mulai dari yang jelek dulu.”

Nah lho, itu kata Pandji. Setidaknya saya berusaha membuat sesuatu konten salah satunya Cerita Hari Ini, salah satu kategori yang ada di blog ini. Saya berusaha membuat konten agar enak dibaca oleh pembaca. Konten yang saya buat berusaha saya sajikan agar pembaca merasa seperti mendengar teman nya berbicara. Sehingga konten saya bisa menjadi teman bagi siapa saja. Nah konten inilah (maksudnya isi konten lho ya) yang harus menjadi prioritas bagi blogger pemula. Bukan berarti tampilan blog menjadi tersingkirkan, melainkan tampilan blog yang bagus namun isi konten tidak berkualitas juga tidak ada yang mau membaca. Tampilan bisa dipelajari dan diperbagus sambil menjalankan dan mengisi konten blog.

Berbicara kualitas konten, sebenarnya saya juga tidak mengerti bagaimana konten yang bagus untuk blog. Intinya blog yang merupakan buku digital (menurut saya sendiri sih) sebenarnya adalah tulisan yang akan dibaca, oleh karena itu blog yang bagus adalah blog yang disukai pembaca untuk dibaca. Bagaimana dengan berita ? Portal berita itu sebenarnya adalah salah satu bentuk web termasuk blog. Blog itu lebih ke arah personal atau komunitas. Jadi lebih spesifik berisi tentang pemilik blog sendiri. Isi dari blog lebih bebas dan lebih fokus dikontrol penuh oleh pemiliknya sendiri. Jadi apa yang mau di tulis terserah pemilik blog. Namun, kebebasan ini lah yang menjadi celah bagi sebuah blog, karena konten yang buruk pun menjadi lebih bebas tersebar. Oleh karenanya konten blog itu yang mengontrol baik buruknya itu yang pemilik blog.

Bagaimana? Berminat menjadi blogger. Mari kita sama – sama berusaha mengisi blog dengan konten yang baik agar bisa menjadi salah satu jalan perubahan dunia menjadi lebih baik. Demikian Cerita hari Ini yang saya tulis, semoga bermanfaat bagi Kawan – Kawan pembaca.

#mencobabaik

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *