SALAH HALAUAN

Sudah Tahu Tetapi Sulit Menghilangkan

Saya suka menulis namun akhir – akhir ini terhenti meski sangat ingin menulis. Saya menulis ini setelah saya sulit menulis lebih dari sebulan yang lalu. Entah mengapa keinginan menulis yang saya miliki kalah dengan angan – angan dan impian yang seharusnya dicapai setelah melakukan justru saya pikirkan.

Fakta bahwa saya benar – benar ingin menulis dan senang menulis kalah dengan pikiran dan nafsu saya yang berharap dikenal karena tulisan saya. Saya hilang arah dan salah haluan sehingga saya berfikir dan berharap lebih dari menulis. Mulai dari berharap terkenal, populer, kaya bahkan dikenal banyak cewek (yang ini bercanda sih, tapi ngarep dikit boleh lah). Kesalnya justru hal – hal tersebut yang membuat saya berhenti menulis, sibuk berfikir, berangan – angan dan berkhayal. Tujuan awal saya menulis adalah karena saya memang suka menulis berubah menjadi tujuan yang salah haluan. Meski tujuan menulis seperti itu sah – sah saja, namun rasanya aneh kalau hanya membuat berhenti menulis karena tujuannya justru hanya dipikirkan, di angan – angan dan dikhayalkan.

Saat ini saya sedang berusaha mengubah sikap agar tetap bisa fokus menulis dan terus berusaha rutin menulis. Baik buruk tulisan saya bukan karena saya tidak memiliki bakat menulis, melainkan karena saya masih sedikit sekali dalam menulis. Konsep segala hal yang baik berawal dari proses. Tidak akan mungkin sesuatu bisa dikatakan baik atau bagus jika kita tidak pernah membuat sesuatu yang jelek terlebih dahulu. Konsep ini bukan berarti ketika mau baik harus jelek dulu. Melainkan berusaha dulu kalaupun jelek biarkan saja buat lagi dan menjadikan karya yang jelek sebagai pelajaran sehingga bisa membuat karya yang lebih baik. Perjalanan sebuah karya tidak bisa instan, melainkan harus berproses.

Sekarang saya sedang berusaha berfikir untuk mengubah ide dalam pikiran saya menjadi sebuah tulisan. Kegiatan menulis saya biasanya terhenti sampai di pikiran. Karena proses memikirkannya terlalu lama sehingga mudah lupa dan akhirnya tidak jadi mengubah ide tersebut menjadi tulisan. Saat ini saya sedang berusaha menyingkat proses berfikir atau memikirkan idenya. Ide yang saya peroleh berusaha saya ingin dan segera saya ubah menjadi sebuah tulisan. Entah saya tulis tangan terlebih dahulu atau langsung saya ketik. Kesibukan saya memikirkan ide yang muncul justru membuat saya lupa dengan menuliskannya. Proses yang tak tuntas itulah masalah besarnya. Lebih dari sebulan ini saya akhirnya tak menulis sama sekali.

Demikianlah cerita saya dalam melakukan proses menulis yang tidak mudah karena masalah yang ada dalam diri sendiri. Proses saya berhenti ditegah jalan dan membuat saya sulit menghasilkan tulisan. Semoga apa yang saya ceritakan ini bisa menjadi pelajaran bagi pembaca dan bagi saya sendiri khususnya yang harus bisa rutin menulis.

“Proses adalah awal dari hasil yang kita inginkan terwujud”

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *