REVIEW BUKU : MENEMUKAN INDONESIA

Penulis :

Pandji Pragiwaksono

Penerbit :

PT. Bentang Pustaka (Penerbit Bentang)

Cetakan :

Pertama Tahun 2016

Akhirnya setelah selesai membacanya buku ini bisa saya review. Banyak hal yang harus menunggu beberapa bulan untuk mereview buku ini meski sudah saya baca sejak lama. Buku ini cukup menarik karena banyak cerita yang dikisahkan sang penulis yakni Pandji Pragiwaksono. Buku ini adalah hasil dari keliling dunia yang dilakukan pandji baik ketika Stand Up Comedy world tour dengan tema mesakke bangsaku serta ketika berlibur bersama keluarga yang dilakukan pada periode april 2014 sampai april 2015 yang artinya tepat setahun. Buku ini cukup detil mengisahkan perjalanan pandji bersama rekan-rekannya ketika keliling dunia. Mulai apa yang perlu dibawa dan apa yang perlu dipersiapkan ketika ke luar negeri.

Pandji dalam buku ini memiliki tujuan membandingkan Indonesia sebagai negri tercinta dengan negara lain. Apa yang beda dari indonesia dan apa yang menjadi alasan orang indonesia begitu mendewakan traveling ke luar negri ??? apa negri kita tidak seindah negri orang ???. buku ini memberikan nilai positif tentang bagaimana negri kita tidak seburuk yang kita bayangkan. Bagaimana masalah-masalah yang sering kita lihat di negri sendiri juga bisa terlihat di negri orang. Bagaimana kondisi transportasinya??? Bagaimana kondisi wisatanya??? Bagaimana dengan swalayan, pasar dan market-marketnya??? Hampir semua tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Pandji mencoba menjelaskan kepada pembaca bukunya, tentang Indonesia justru lebih menarik dan lebih baik ketimbang negri orang. Apa yang kita lihat ketika ke luar negri justru juga sering kita lihat di negri sendiri. Pandji mencoba membandingkan bagaimana indonesia justru memiliki kelebihan ketimbang negri orang. Hampir semua yang dijual di luar negri tidak ada bedanya dengan negri lain. Hanya ada beberapa kesempatan sebenarnya bagi indonesia untuk menjadi destinasi wisata dunia ketika melihat begitu indahnya indinesia, banyaknya suku dan budaya, banyaknya pulau dan lain sebagainya. Indonesia memliki kemampuan untuk itu. Dalam buku ini pandji menjelaskan bahwa luar negri tidak begitu berbeda dengan indonesia bahkan ada hal-hal yang menurutnya ada di indonesia justru tidak ditemukan di luar negri.

Dan kutipan menaik dari pandji

“Apakah kecintaan saya buta???, Pantaskah saya mengaku cinta indonesia tanpa pernah membandingkan???, Namun, Pertanyaan terbesarnya : Apakah saya akan mendapatkan kesempatan itu???.”

Ingin tahu lebih jelasnya, silakan menuju ke toko buku segera karena buku ini akan membuka wawasan kita sebagai warga indonesia untuk terus bangga dan cinta indonesia. Bagaimana kita bisa membuka fikiran kita tentang potensi indonesia yang hebat. Buku ini sangat cocok dibaca baik sebagai bacaan hiburan maupun bacaan yang bersifat pembelajaran.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *