REVIEW BUKU : BUKAN 350 TAHUN DIJAJAH

Penulis :

Gertrudes Johannes “Han” Resink (G.J. Resink)

Penerbit :

Komunitas Bambu

Cetakan :

Ketiga Tahun 2016

Buku yang lumayan berat untuk dibaca. Dan akhirnya saya bisa menyelesaikannya. Buku setebal 300 halaman lebih. Belumlagi materinya yang cukup memusingkan kepala. Heheheheh…. Namun cukup menarik karena ada banyak fakta yang disajikan dari sisi hukum tentang posisi Belanda selama ini ketika menjajah indonesia.

Seperti yang saya katakan tadi diatas, bahwa buku ini fokus pada bukti penjajahan Belanda terhadap nusantara bukan Indonesia karena nama Indonesia muncul sekitar tahun 1870 an. Itu pun dengan ejaan Indunesia bukan Indonesia. Ya… Belanda datang ke Nusantara untuk mencari dan menguasai pertaniannya saat itu yang terkenal sangat berkualitas. Belanda mencoba mengambil alih kekuasaan dari para raja yang saat itu mendiami dan menguasai wilayah nusantara dan kerajaan-kerajaan yang mendiami nusantara cukup banyak.

Buku ini sangat cocok untuk membuka wawasan baru dan pemahaman baru agar supaya kita tahu kalau ternyata indonesia secara hukum tidak dijajah Belanda selama 350 tahun seperti yang sering kita dengan dan pelajari selama ini. Karena belanda datang kala itu, Indonesia masih dikenal sebagai daerah kepulauan yakni kepulauan nusantara dan masih dikuasai oleh beberapa kerajaan. Sehingga belanda lebih tepatnya menjajah kerajaan-kerajaan yang ada dan mendiami wilayah nusantara saat itu.

Resink juga mencoba meluruskan sejarah yang masih terbagi yakni jawasentris, indonesiasentris dan eropasentris. Atau yang sering disebut dengan sejarah yang regiosentris. Yakni sejara menurut versi-versi tertentu. Selain itu, Resink mencoba membuktikan bahwa periode 1850 hingga 1910 masih banyak raja dan kerajaan yang merdeka dan berdiri serta menolak menjadi bagian hindia-belanda. Bahkan kekuasaan belanda yang menjadikan nusantara menjadi negara hindia belanda tidak mampu menguasai sepenuhnya kerajaan-kerajaan lain. Buktinya dengan adanya sebutan negara pribumi dalam setiap perjanjian hindia belanda dengan kerajaan-kerajaan yang ada di nusantara. Sebutan itu berlaku selama periode 1873 hingga 1915. Bahkan aceh yang dulu juga kerajaan merasa bahwa tanahnya hanya dijajah belanda selam 33 tahun.

Anda ingin tahu fakta mengejutkan lainnya tentang ini. Jangan ragu lagi untuk membeli buku ini. Meski terlihat tebal dan berat dengan bahasan mengenai dunia hukum, namun buku ini cukup menarik karena buku ini sangat membuka wawasan baru guna meningkatkan kebanggaan terhadap Indonesia. Jadi tunggu apa lagi segera ke toko buku terdekat yang ada di daerah anda dan belilah buku ini untuk menambah ilmu anda. Salam baca, salam ilmu, salam semuanya. Sampai jumpa kembali.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *