DAMAI TERCIPTA DENGAN PERANG, BENARKAH???

Banyak yang mengira perdamaian tercipta dengan cara perang. Yang menang harus yang baik. Masalahnya adalah pelaku perang yang baik. Jika memang pelaku perang ada yang baik dan buruk mengapa pemenang tidak disukai oleh yang kalah.

Damai adalah ketenangan jiwa. Ketika kita bisa bersahabat dengan siapa saja dan bisa berada dalam kondisi apa saja, hidup teramat damai. Itulah damai yang sesungguhnya. Ketika damai tercipta oleh pemaksaan atau dengan menang dan kalahnya sebuah peperangan tentu itu bukan perdamaian yang sebenarnya.

Damai itu baik. Tercipta dari hal –  hal baik. Bukan karena memaksakan hal baik agar terlihat dan tampak baik. Kebaikan akan menghancurkan perdamaian ketika dipaksakan baik. Baik jelas baik, tidak perlu dipaksa baik pun tetap baik. Baik itu tidak untuk dipaksa melainkan untuk dilakukan dan dinikmati.

Membuat orang tertarik untuk baik lebih terasa damai dari pada membuat orang takut untuk tidak berbuat baik. Kalau takut karena hamba Tuhan itu lain cerita, karena Tuhan adalah Sang Maha Segala. Tapi karena ancaman tentu sangat berat karena pasti akan ada pemberontak.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *