CERITA HARI INI – MY ORGANITATION LOST

1….. 2….. 3….. 4…… 5…..

Organisasi yang banyak ku ikuti namun hanya beberapa yang akhirnya berjalan dengan baik tanpa terseok-seok. Menjadi pengurus organisasi memang harus rela mengorbankan banyak hal. Tidak mudah meburusi organisasi yang masih berkembang maupun yang sudah berjaya. Mungkin benar jika setiap ornaisasi yang aku ikuti justru bergerak mundur yang tentu lebih buruk dari jalan ditempat. Tidak memberikan efek apapun keberadaanku disana. Sudah mencoba berteriak, bergerak bahkan meloncat setinggi-tingginya pun masih tetap sama. Sempat terfikir bahwa memang tidak ada bakat dalam bidang keorganisasian. Sangat mengherankan memang, ketika banyak organisasi yang saya ikuti justru menjadi boomerang yang melukai saya sendiri dan pengurus organisasi yang lain.

Pengorbanan yang telah saya lakukan seolah tidak memberi pengaruh sama sekali terhadap jalannya organisasi. Bukan karena lelah dan putus asa, namun merasa anaeh ketika ternyata semua terjadi karena memang saya kurang mampu bergaul dengan baik. saya juga menyadari komunikasi yang saya lakukan ternyata juga belum baik. padahal dalam menjalankan sebuah organisasi syarat mutlak adalah pergaulan yang luwes (dari bahasa jawa yang berarti diterima semua kalangan) dan komunikasi yang baik. Meski banyak hal lain yang tentunya tidak kalah penting .

Menghela nafas sejenak untuk kembali belajar mungkin bisa menjadi cara yang tepat sebelum kembali ke dunia organisasi. Namun hal itu justru terasa berat ketika ternyata keberadaan saya masih dicari. Bukan karena kemampuan tapi lebih sebagai pelengkap sepertinya. Dan itu sebenarnya menyesakkan. Hingga akhirnya saya hanya numpang nama semata tanpa melihatkan batang hidung sama sekali setiap acara yang dilakukan.

Terlintas dalam pikiran bahwa hidup sendiri terasa lebih baik. Namun kesadaran menunjukkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial, makhluk yang tidak akan mungkin untuk melakukan semua hal sendiri. Sendiri terasa lebih mampu menjaga keikhlasan hati. Dan ini menjadi salah satu alasan kenapa sendiri terasa lebih tenang.

Selain itu, dalam menjalankan organisasi perlu banyak hal semacam waktu yang lebih. Karena organisasi membutuhkan keluangan waktu. Kemudian semangat yang terus membara karena organisasi tidak mungkin berjalan lancar jika semangat organisasi itu palsu atau tidak ada. Menjalankan oorganisasi harus pahan arah dan tujuan organisasi. Dan itulah yang sedang saya pelajari hingga saat ini dan sampai kapanpun.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *